SUPRAPTO, S.Pd., M.Pd.

Penulis Buku: Belajar SET-SET WET dari NEGERI TIRAI BAMBU, adalah Seorang GURU BIOLOGI di SMAN 1 KEDUNGPRING, KAB. LAMONGAN, PROVINSI JAWA TIMUR 62272...

Selengkapnya
Navigasi Web
APAKAH EMBRIO BUKU KE-2 dari GURUSIANA? TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.125)
Sumber: Dokumentasi Penulis

APAKAH EMBRIO BUKU KE-2 dari GURUSIANA? TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.125)

APAKAH EMBRIO BUKU KE-2 dari GURUSIANA?

#TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.125)

Oleh: Suprapto, M.Pd.

Guru Biologi SMAN 1 kedungpring, Kab. Lamongan

Senin, 18 Mei 2020

 

Tanggal 17 Mei 2020 yang bertepatan dengan hari Minggu adalah Hari Buku Nasional. Bentuk apresiasi pada peringatan “Hari Buku Nasional”, wujud rasa syukur dan evaluasi, saya akan mencoba menulis tentang kontributor buku.

A.  Buku Tunggal

Buku Perdana berjudul Belajar Set-Set Wet dari Negeri Tirai Bambu. Penerbit: Pustaka Media Guru, terbit Juli 2019, 86 halaman. Isi buku ini saya rinci menjadi 11 memoar, dengan synopsis sebagai berikut:

“Tuntutlah ilmu sampai di Negeri China”. Pepatah Arab ini seolah menjadi isyarat bagi penulis untuk mewujudkannya. Meski sebelumnya sama sekali tak berani memimpikannya.

Bermula dari keberuntungan penulis mendapat beasiswa S-2 dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa timur pada program studi Pendidikan Biologi di Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM). Salah satu program perkuliahan S-2 yang harus penulis ikuti bersama penerima beasiswa yang lain adalah mengikuti short course di Nanjing Agricultural University (NAU) selama 32 hari. Nanjing adalah ibu kota Provinsi Jiangsu, RRC yang terletak di selatan Sungai Yangtze.

Pasti banyak hal yang penulis pelajari disana. Apa saja? Apakah semua layak dan tepat diterapkan di Indonesia? Temukan jawabannya dalam Belajar Set Set Wet dari Negeri Tirai Bambu yang menginspirasi ini.

Apakah tabungan tulisan yang saya tulis melalui #TantanganMenulis365HaridiGurusiana menjadi embrio lahirnya buku tunggal yang ke-2, ke-3 dan seterusnya? Semoga dapat istiqomah menulis, membaca, dan menulis. Semoga menjadi ladang pahala melalui terbitnya buku. Insyaa Allah. Aamiin.

 

B.  Buku Antologi.

1)  Puzzle Inspirasi Guru; Perjalanan, Perjuangan, Keteladanan, dan Cinta. Tema yang saya tulis yaitu: Belajar di Kota Nanjing, China. Penerbit: Mahameru Press, Juli 2019, pada halaman 1-9 dari 156 halaman. Artikel ini saya tulis pada tanggal 28 Februari 2019 sebagai refleksi jelang 3 tahun memory in China 2016. Buku Antologi Puzzle Inspirasi Guru ini sebagai embrio lahirnya buku perdana Belajar Set-Set Wet dari Negeri Tirai Bambu, yang ternyata terbitnya bersamaan yaitu Juli 2019.

2)  Nadiem dan Masa Depan Pendidikan Indonesia. Antologi Harapan Guru Penggerak Ikatan Guru Indonesia. Tema yang saya tulis yaitu: Antara Kontroversial dan Masa Depan Pendidikan Indonesia. Penerbit: Arga Pustaka, November 2019, pada halaman 232-241 dari 283 halaman.

3)  Antologi 1 Grup 2 Peserta VCT Indonesia. Tema yang saya tulis yaitu: Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) dipadu Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar. Penerbit: Seameo Seamolec, Februari 2020, pada halaman 318-328 dari 373 halaman.

4)  Antologi 2 Grup 2 Peserta VCT Indonesia. Tema yang saya tulis yaitu: 32 Hari Menuntut Ilmu di Negeri China. Penerbit: Seameo Seamolec, Februari 2020, pada halaman 536-568 dari 619 halaman.

5)  Antologi 3 Grup 2 Peserta VCT Indonesia. Tema yang saya tulis yaitu: Belajar Melalui Tol Langit Bersama Seameo Seamolec. Penerbit: Seameo Seamolec, Februari 2020, pada halaman 572-578 dari 651 halaman.

6)  Be Better ASN (Asa Jiwa dalam Cerita) 22 Gurusianer MediaGuru. Tema yang saya tulis yaitu: Teacher Training in Nanjing, China. Penerbit: Pustaka MediaGuru, Maret 2020, pada halaman 79-87 dari 212 halaman. Saat ini sedang proses pencetakan di MediaGuru, semoga cepat selesai, terkirim ke rumah saya, kemudian didistribusikan ke kontributor.

7)  Satu Derap Seribu Giat, Guru Penggerak Menjawab. Tema yang saya tulis yaitu: Guru Penggerak dan Pembelajaran Holistik. Penerbit: Pustaka MediaGuru, Maret 2020. Informasi yang saya terima dari WAG Guru Penggerak saat ini sedang proses pencetakan dan distribusi ke kontributor. Tebal buku sekitar 500 halaman. Alhamdulillah, saya adalah salah satu pemenang lomba buku antologi dari 123 pemenang.

Apa judul Buku Antologi kedelapan? Semoga artikel saya lolos sebagai pemenang dalam lomba buku Antologi yang diadakan MediaGuru edisi Mei 2020 yaitu “DiRumahAja”. Insyaa Allah. Aamiin.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan 1441 H. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya kepada kita, selalu meridloi setiap nafas, gerak dan langkah kita, dan ilmu yang kita peroleh semakin barokah. Tetap semangat dan mari kita ikhtiar dan doa bersama di bulan Ramadhan penuh berkah ini semoga pandemi COVID-19 segera tuntas. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Lamongan, 18 Mei 2020 M / 25 Ramadhan 1441 H

#TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.125)

#MenulisBagianDisiplinWaktu

Blog:  Supraptobio.gurusiana.id

Email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, Pak. Salam litetasi.

18 May
Balas

Doa yang sama untuk Bu EK. Hartati. Aamiin. Wassalamu'alaikum.

18 May

Keren Pak.menginspirasi

18 May
Balas

Selamat pak..sudh banyak bukunya.bapak hebat

18 May
Balas

Doa yang sama untuk Ibu Darinas. Aamiin. Wassalamu'alaikum.

18 May

Hebat, Pak. Selamat atas pencapaiannya. Sukses kagem panjenengan.

18 May
Balas

Doa yang sama untuk Bapak Suhargo. Aamiin. Wassalamu'alaikum

18 May

Mantap dan keren.

18 May
Balas

Doa yang sama untuk Ibu Meidia. Aamiin. Wassalamu'alaikum

18 May

Luar biasa ... pak salut saya hebat panjenengan

18 May
Balas

Doa yang sama untuk Ibu Yuli. Aamiin. Wassalamu'alaikum

18 May



search

New Post