SUPRAPTO, S.Pd., M.Pd.

Penulis Buku: Belajar SET-SET WET dari NEGERI TIRAI BAMBU, adalah Seorang GURU BIOLOGI di SMAN 1 KEDUNGPRING, KAB. LAMONGAN, PROVINSI JAWA TIMUR 62272...

Selengkapnya
Navigasi Web
BAGAIMANA CARA MEMILIH SEKOLAH UNGGUL? TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.126)
Sumber: Dokumentasi Webinar LabSchool Unesa

BAGAIMANA CARA MEMILIH SEKOLAH UNGGUL? TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.126)

BAGAIMANA CARA MEMILIH SEKOLAH UNGGUL?

#TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.126)

Oleh: Suprapto, M.Pd.

Guru Biologi SMAN 1 kedungpring, Kab. Lamongan

Selasa, 19 Mei 2020

Alhamdulillah, Selasa, 19 Mei 2020, Saya berkesempatan belajar melalui Webinar Labschool Unesa yang dilaksanakan pada pukul 10.00 – 12.00 WIB. Labschool Unesa is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: Strategi Memilih Sekolah yang Tepat Bagi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Time: May 19, 2020 09:00 AM Jakarta. Join Zoom Meeting: https://zoom.us/j/7570432284?pwd=MXhTRTJ0QnNTR3gvajJsVlZsalBjUT09. Meeting ID: 757 043 2284. Password: 3tzsMm. Ibu Vinda Maya bertugas sebagai moderator, sedangkan narasumber pada webinar ini adalah: Ibu Prof. Dr. M.V. Roesminingsih, M.Pd., Bapak Dr. Martadi, M.Sn., dan Ibu Dr. Diana Rahmasari., M.Si., Psikolog. Pada kesempatan ini, saya mengulas materi yang disampaikan oleh narasumber pertama.

A. Ibu Prof. Dr. M.V. Roesminingsih, M.Pd (Kepala Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Jawa Timur).

Beliau mengangkat tema: Memilih Sekolah Unggul Dengan Akreditasi Unggul.

Peringkat Akreditasi, terdiri atas:

1) Peringkat akreditasi A (Unggul), jika sekolah/madrasah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi (NA) sebesar 91 sampai dengan 100 (91 < NA < 100).

2) Peringkat akreditasi B (Baik), jika sekolah/madrasah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi (NA) sebesar 81 sampai dengan lebih kecil dari 91 (81 < NA < 91).

3) Peringkat akreditasi C (Cukup Baik), jika sekolah/madrasah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi (NA) sebesar 71 sampai dengan lebih kecil dari 81 (71 < NA < 81).

4) Di bawah 71 tidak terakreditasi.

Delapan Standar Pendidikan:

1. Standar Isi

2. Standar Proses

3. Standar Kompetensi Lulusan

4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

5. Standar Sarana dan Prasarana

6. Standar Pengelolaan

7. Standar Pembiayaan

8. Standar Penilaian.

Apa itu Sekolah Unggul? Ada tiga komponen:

1. Sekolah yang memberikan layanan optimal kepada seluruh anak dengan berbagai perbedaan bakat, dan minat kebutuhan belajar.

2. Mampu meningkatkan secara signifikan kapabilitas yang dimiliki anak didik yang menjadi aktualisasi diri yang memberikan kebanggaan.

3. Mampu membangun karakter kepribadian yang kuat, kokoh, dan mantap dalam diri siswa.

Ciri sekolah unggul:

1. Kepemimpinan sekolah profesional.

2. Warga sekolah memahami dan melaksanakan visi dan misi sekolah

3. Suasana pembelajaran yang menyenangkan.

4. Kegiatan pembelajaran di sekolah beragam

5. Guru memiliki planning dengan target yang jelas dan terorganisasi.

6. Program yang positif dapat penguatan dari sekolah, orang tua, dan siswa.

7. Sekolah melakukan monitoring dan evaluasi secara terprogram

8. Hak dan kewajiban siswa dipahami dan dilaksanakan dengan baik di sekolah

9. Kemitraan sekolah dengan keluarga / Orang tua

10. Munculnya kreativitas dalam organisasi sekolah.

Apa yang diberikan sekolah unggul?

1. Memberi layanan secara optimal pada anak dengan perbedaan bakat, minat belajar

2. Meningkatkan secara signifikan kemampuan anak didik menjadi aktualisasi diri yang memberikan kebanggaan

3. Membangun karakter/kepribadian yang kuat, kokoh dan mantap dalam diri siswa

4. Mampu memberdayakan sumber daya yang ada secara optimal dan efektif

5. Mampu mengembangkan networking yang luas kepada stakeholder

6. Mampu mewujudkan sekolah sebagai organisasi pembelajar

7. Sekolah responsive terhadap perubahan.

Masa depan Masyarakat:

Hiruk-pikuk revolusi Industri 4.0, dan era disrupsi belum usai, dikejutkan dengan munculnya Society 5.0. Konsep Society 5.0 diadopsi Pemerintah Jepang sebagai antisipasi tren global, akibat munculnya Revolusi Industri 4.0. Society 5.0 merupakan jawaban atas tantangan akibat era Revolusi Industri 4.0 yang dibarengi disrupsi, ditandai dunia yang penuh gejolak, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas.

Society 5.0: masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan masalah social, memakai inovasi hasil era Revolusi Industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Society 5.0, merupakan sebuah masa dimana masyarakat berpusat pada manusia, menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial oleh system, integrasi ruang dunia maya dan ruang fisik. Society 5.0 adalah Keseimbangan ekonomi dan sosial.

Tiga kemampuan tertinggi yang dibutuhkan anak-anak ke depan adalah:

1. Kemampuan memecahkan masalah kompleks

2. Berpikir kritis

3. Kreativitas.

Tiga kemampuan tertinggi tersebut adalah tanggung jawab dunia pendidikan

Anak-anak yang sedang duduk di bangku sekolah merupakan pemilik masa depan tersebut. Masa depan dengan konstruksi masyarakat 5.0, tapi juga berada pada era VUCA (volatility, uncertainty, complexity dan ambiguity), penuh gejolak, tidak pasti, rumit, dan serba kabur. Pemegang masa depan tidak cukup dibekali dengan timbunan ilmu pengetahuan, tapi juga cara berpikir kritis dan kreatif.

KESUKSESAN SESEORANG

Thomas J. Stanley yang memetakan 100 faktor yang berpengaruh terhadap tingkat sukses seseorang (survey terhadap 733 Millioner di US) Hasilnya adalah: nilai yang baik (yakni NEM, IPK dan rangking) hanyalah faktor sukses urutan ke-30, faktor IQ urutan ke-21, bersekolah di Sekolah Favorit di urutan ke-23.

10 faktor teratas yang memengaruhi KESUKSESAN seseorang adalah:

1. Kejujuran

2. Disiplin keras

3. Mudah bergaul

4. Dukungan pendamping

5. Kerja keras

6. Kecintaan pada yang di kerjakan

7. Kepemimpinan yang kuat dan berkualitas

8. Kepribadian dengan semangat kompetitif

9. Hidup teratur

10. Kemampuan menjual Ide.

Bangsa Indonesia bukan tidak butuh orang yang pintar, karena bangsa Indonesia sudah banyak orang-orang pintar namun bangsa Indonesia membutuhkan orang-orang yang mempunyai karakter beradab, sopan santun dan berakhlak mulia.

Bingung Pilih Sekolah Anak?

1. Pastikan tujuan individu yang bersangkutan

2. Pertimbangkan bakat dan minat yang dimiliki siswa.

3. Karakter siswa

4. Berapa banyak Ekskul Sekolah

5. Jarak tempuh Sekolah ke tempat tinggal

6. Lingkungan Sekolah

7. Peringkat akreditasi.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan 1441 H. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya kepada kita, selalu meridloi setiap nafas, gerak dan langkah kita, dan ilmu yang kita peroleh semakin barokah. Tetap semangat dan mari kita ikhtiar dan doa bersama di bulan Ramadhan penuh berkah ini semoga pandemi COVID-19 segera tuntas. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Lamongan, 19 Mei 2020 M / 26 Ramadhan 1441 H

#TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.126)

#MenulisBagianDisiplinWaktu

Blog: Supraptobio.gurusiana.id

Email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantapppp

19 May
Balas

Terima Kasih Bapak Sadan atas SKSSnya. Salam Kenal, Salam Literasi. Wassalamu'alaikum.

19 May

Artikel yang bermanfaat pak...

19 May
Balas

Aamiin. Terima Kasih Bu Herlina atas SKSSnya. Salam Literasi, Wassalamu'alaikum.

19 May

Sangat bergizi artikelnya pak

19 May
Balas

Terima Kasih bu Riska atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum.

19 May

Siap.belajar pak.

19 May
Balas

Terima Kasih Bu Muginah atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum.

19 May

Bagus pak

19 May
Balas

Terima Kasih Bu Maimuna atas SKSSnya. Salam Kenal Salam Literasi. Wassalamu'alaikum.

20 May



search

New Post