SUPRAPTO, S.Pd., M.Pd.

Penulis Buku: Belajar SET-SET WET dari NEGERI TIRAI BAMBU, adalah Seorang GURU BIOLOGI di SMAN 1 KEDUNGPRING, KAB. LAMONGAN, PROVINSI JAWA TIMUR 62272...

Selengkapnya
Navigasi Web
HALAL BIHALAL ALA MEDIAGURU TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.137)
Sumber: Halal Bihalal Keluarga MediaGuru

HALAL BIHALAL ALA MEDIAGURU TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.137)

HALAL BIHALAL ALA MEDIAGURU

#TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.137)

Oleh: Suprapto, M.Pd.

Guru Biologi SMAN 1 kedungpring, Kab. Lamongan

Sabtu, 30 Mei 2020

Semangat pagi Ibu/Bapak di akhir pekan, 7 Syawal 1441 H. Alhamdulillaahi Robbil ‘Aalamiin. Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidina Muhammad. Alhamdulillah, pada hari sabtu ini, saya berkesempatan mengikuti acara: Mohammad Ihsan is inviting you to a scheduled Zoom meeting.Topic: Halal bi Halal Keluarga Mediaguru. Time: May 30, 2020 09:00 AM Jakarta. Join Zoom Meeting: https://zoom.us/j/97000248466?pwd=aU4wL2s0djYzRi9XTEk2QzNEeFVTQT09 Meeting ID: 970 0024 8466 Password: mediaguru.

Acara Halal Bihalal Keluarga MediaGuru yang berlangsung secara online melalui aplikasi zoom tersebut, sangat berbeda dengan webinar-webinar yang saya ikuti sebelumnya. Apa yang sangat berbeda? Ketika saya mengikuti webinar yang diselenggarakan MediaGuru, UNESA, PPPPTK IPA Bandung, dan lain-lain biasanya saya menggunakan dua laptop dan satu smartphone. Satu laptop untuk aplikasi Zoom, satu laptop untuk menulis (mengetik) kata kunci dari narasumber, dan smartphone sebagai hotspot selular. Mengikuti Webinar dari rumah atau ketika berada di sekolah karena ada tugas piket seputar WFH.

Saya mengikuti acara Halal Bihalal keluarga MediaGuru ini dua sesi, yaitu:

1) Sesi pagi di sekolah sambil mengikuti acara pisah kenal atau serah terima jabatan (sertijab) Kepala SMAN 1 Kedungpring.

Pisah kenal dari Bapak Dr. Sofyan Hadi, M.Pd., yang dimutasi ke SMAN 1 Lamongan ke Bapak Drs. Anang Dwi Bagus Kridawahana, M.Pd. (sebelumnya Kepala SMAN 1 Karangbinangun). Acara dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Lamongan Ibu Dra. Sri Yuliasih, M.M dan sejumlah pejabat cabdin, para Kepala SMAN di Lingkungan Cabdin Lamongan, Pengawas Pembina, Pengurus Komite SMAN 1 Kedungpring, Guru dan Tenaga Kependidikan SMAN 1 Kedungpring, Dharma Wanita SMAN 1 Kedungpring, dan GTK Pengiring Kepala Sekolah yang baru. Halal Bihalal yang saya ikuti dengan menggunakan smartphone ini sering terpental dari ruang zoom, dan kadang saya mendengarkan sambil berjalan dari ruang guru ke tempat acara. Bapak/Ibu mungkin merasakan masuk room dan terpental dari room itu adalah seni mengikuti webinar.

Acara Halal Bihalal, di buka oleh Pemimpin Umum MGI/CEO Gurusiana Bapak Muhammad Ihsan. Nama beliau pernah terngiang di telinga saya antara tahun 1994-1998. Ternyata beliau adalah senior saya di UKKI IKIP Surabaya (UNESA), namun baru dapat foto bersama pada tahun 2019 pada acara MediaGuru Writing Camp (MWC) Jatim XIX di Asrama Haji Surabaya. Sebelum acara dibuka, sebagaimana biasanya beliau menceritakan sejarah MGI menjadi terkenal seperti sekarang. Meskipun era pandemic COVID-19, tidak mengendorkan semangat berliterasi. MGI memiliki solusi jitu yaitu dengan pelatihan secara online (daring), dengan menggunakan aplikasi zoom meeting yang lagi ngetrend.

Kegiatan MGI online yang sedang berlangsung dan akan dilanjutkan untuk kebeberapakalinya yaitu,

1. Satu Guru Satu Buku (Sagusabu) online ke-3

2. Satu Siswa Satu Buku (Sasisabu) online angkatan ke-3

3. Pelatihan Daring Mengubah KTI menjadi Buku angkatan ke-4

4. Pelatihan Daring Menyusun PTK/PTS angkatan ke-3

5. Pelatihan menulis Best Practice Angkatan ke-1

6. Kelas Editor Media Guru Angkatan ke-1

7. Kelas menulis Opini di Media, akan segera dilaksanakan.

Setelah membuka acara, Bapak CEO pertama kali mempersilahkan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Bapak Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd. (Tokoh Literasi Nasional 2019) untuk memberikan kata sambutan. Beliau menyampaikan penggerak sagusabu Kepri adalah 5 Srikandi MGI. Beliau berharap agar menulis bisa dikembangkan oleh Kemenag, melaui kegiatan Hari Amal Bakti Kemenag setiap tanggal 3 Januari.

Selanjutnya Bapak Erman memberikan motivasi: “tingkatkan dan kembangkan jiwa menulis, karena menulis itu adalah ibadah”. Mengubah mindset itu memang tak semudah lidah berkata, untuk itu perlu terus menerus diubah. Mindset untuk kontinu menulis, dan terus berjuang keras untuk mau menulis. Bapak Erman mengakhiri pembicaraannya dengan puisi. Alhamdulillah, saya tergabung dalam buku Antologi “Be Better ASN” yang ada kata pengantar dari beliau.

Kesempatan kedua, Bapak CEO mempersilahkan inspirator berikutnya, yaitu Kepala Dinas Pendidikan Grobogan Bapak Amin Hidayat (Tokoh penggerak Literasi Nasional). Menurut beliau, semangat literasi beliau kembangkan dengan Sakasabu (Satu Kepala Sekolah Satu Buku). Lebih dari 1000 kepala sekolah ikut Sakasabu. Beliau juga berpesan: “Jangan mati sebelum menulis, niatkan menulis buku yang terbaik”.

Tokoh literasi berikutnya adalah Ketua Ikatan Pendidik Penulis Sumatera Utara Ibu Wiwik Puspita Sari. Beliau menceritakan pengalaman beliau dan teman-teman daerah untuk mengajak teman-teman menulis buku.

Inspirator berikutnya yaitu Ibu Yasmi. Beliau mempunyai pengalaman menulis yang mengharukan. Beliau mempunyai keinginan mengikuti kelas menulis di Jakarta. Beliau adalah orang pertama dari Sumatera Barat yang mengikuti kelas menulis di Media Guru. Niat ikhlas beliau yang ingin menulis sekaligus mampu memotivasi, telah memunculkan ribuan guru penulis dari Sumatera Barat.

Menurut cerita Bapak CEO, Ibu Yasmi memang memiliki semangat literat dengan hati. Sentuhan hati beliau, berkembang guru penulis di Sumatera Barat. Sering menceritakan pengalaman Ibu Yasmin, yaitu 12 jam tidur di bandara demi ingin menulis buku.

Selanjutnya, Bapak CEO menampilkan inspirator dari Sumatera Barat. Ketua KPPL Sumatra Barat Ibu Agusrida. Menurut beliau, waktu pertama kali buat pelatihan dalam waktu 25 hari, Guru KPPL telah melahirkan cover buku, di tahun 2018 yang lalu. Ada beberapa hal yang disampaikan ibu Agusrida. Tim mereka diberi nama TIM PUSO, alumni KPPL telah mencapai 2554, dan buku-buku yang telah terbit di pajang di ruang VIP Kantor Wilayah Sumatra Barat. Bapak Hendri adalah Kepala Kanwil satu-satunya di Indonesia pertama yang mendapat penghargaan penggerak literasi daerah pada tahun 2019. Beliau mengakhiri sambutan dengan melantunkan puisi yang sangat mengharukan. Saya menyimak dengan terputus-putus dan kadang terpental.

Kesempatan berikutnya adalah Bapak Maghfur (Ketua IGPPL). Beliau terinspirasi untuk membuat IGPPL di Jawa Timur. Beliau juga tidak mau kalah dengan Literat Daerah, seperti Sumatra Barat, Sumatra Utara dan lain-lain, karena Jawa Timur adalah Ibukotanya MGI. Beliau juga menginspirasi Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

Inspirator terakhir adalah Bunda Nuraini Pasti Bisa. Beliau adalah seorang pengawas dari Jawa Barat, ketua Ikatan Pendidik Penulis Literasi Jawa Barat. Jawa Barat menduduki peringkat pertama anggota penulis terbanyak di seluruh Indonesia. Beliau diangkat menjadi ketua, karena beliau adalah yang tertua hampir 60 tahun dan tentunya diseniorkan.

2) Sesi agak siang, saya mengikuti Halal Bihalal online dari dirumah.

Alhamdulillah, ketika mengikuti acara dari rumah dan memakai laptop berjalan lancar, sudah tidak terpental lagi.

Bapak CEO juga memberikan kesempatan kepada beberapa peserta yang hadir di acara Zoom Meeting Halal Bihalal MGI di seluruh Indonesia. Saya merasakan kekeluargaan di antara penulis, walaupun hanya dengan Zoom Meeting. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar. Banyak Senior penulis di MediaGuru yang telah menginspirasi. Karena sinyal lancar, saya mencoba mengangkat tangan untuk dapat sharing and growing together.

Alhamdulillah, setelah antri sampai pada giliran saya. Sebelumnya, saya menyampaikan mohon maaf lahir dan batin. Saya mengikuti kegiatan MGI pertama kali adalah MediaGuru Writing Camp (MWC) XIX Jatim pada tanggal 23-24 Maret 2019 di Asrama Haji Surabaya. Melalui kegiatan tersebut, lahirlah buku perdana saya berjudul: Belajar Set-Set Wet dari Negeri Tirai Bambu (Juli, 2019). Buku ini adalah memoar saya ketika belajar di China pada tahun 2016. Buku tersebut saling melengkapi dengan buku Serpihan Kenangan dari Negeri Panda (Januari, 2019) karya bu Luluk Maslukhah, S.Si., M.Pd. (Narasumber Webinar Internet Pendidikan). Setelah saya melakukan komunikasi dengan beliau, ternyata kami adalah sesama alumni Teacher Training di Nanjing Agricultural University (NAU), Provinsi Jiangsu, Republik Rakyat China (RRC). Beliau tahun 2014, saya tahun 2016.

Alhamdulillah, saya juga tergabung dalam buku Antologi Be Better ASN (Asa Jiwa dalam Cerita). Buku tersebut di tulis oleh 22 Gurusianer MediaGuru yang berinisial ASN. Salah satu kata pengantar dalam buku tersebut adalah Bapak Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd. Saya juga mengikuti Tantangan Menulis di Gurusiana. Alhamdulillah, sudah memperoleh piagam Gurusianer Inspiratif Kategori Biru, Perak, dan Emas. Hari ini adalah tulisan ke-137. Saya berniat menjaga istiqomah menulis sambil step by step meningkatkan kualitas tulisan dan menabung tulisan di Gurusiana. Agar Kebiasaan menulis menjadi Budaya Menulis.

Saya memulai mengikuti lomba menulis yang diselenggarakan oleh MediaGuru. Tentunya, semua persyaratan mengikuti lomba menulis terpenuhi. Tema yang pertama saya ikuti adalah Internet Pendidikan. Sabar belum lolos. Tetapi, sangat semangat karena dapat belajar dari narasumber pemenang internet pendidikan. Alhamdulillah, saya lolos untuk tema Satu Derap Seribu Giat (Guru Penggerak Menjawab). Insyaa Allah bukunya segera dikirim ke para pemenang.

Unik dan fakta. Ketika buku Antologi tersebut saya promosikan ke teman-teman melalui facebook, grup WhatApp INFO SMAKED, MGMP, dan lain-lain banyak sekali yang mengucapkan “selamat dan sukses bapak, semoga Ilmunya semakin Barokah. Aamiin. Terima kasih. Saya sebagai Ketua MGMP Biologi SMA Kabupaten Lamongan juga berusaha untuk mengajak anggota MGMP Biologi SMA untuk bergabung dengan MGI, tetapi belum berhasil. Alhamdulillah, saya dapat ucapan selamat. Meskipun promosinya kurang berhasil. Tetap Semangat Biologi.

Implementasi dari Al Qur’an Surat Al Imran: 134, Suprapto dan keluarga (Suprapto, Lilik Ma’rofah, dan Salwa Avisa Yumna Salsabila Suprapto) menyampaikan “Taqobbalallahu Minna Waminkum, Shiyaamana Washiyaamakum. Taqobbal Yaa Kariim. “Minal ‘Aaidiin Walfaiziin, Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Selamat Merayakan Hari Raya ‘Idul Fitri 7 Syawal 1441 H.

Terima Kasih Bapak Muhammad Ihsan, Tim MGI, dan seluruh peserta Halal Bihalal yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu atas kebersamaannya hari ini. Terima kasih Bu Nurrohmah PM dan Bu Tri Sulistini atas kiriman fotonya. Tetap semangat, mari kita ikhtiar dan doa bersama di awal Syawal ini, semoga pandemi COVID-19 segera tuntas. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Lamongan, 30 Mei 2020 M / 7 Syawal 1441 H

#TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.137)

#MenulisBagianDisiplinWaktu

Blog: Supraptobio.gurusiana.id

Email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ini, Cak. Senang bisa bertemu kembali ya. Barakallah.

31 May
Balas

Aamiin. Terima Kasih Bapak CEO atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum

31 May

Trmksh byk pak. Barokallah

31 May
Balas

Sami-sami bu. Terima kasih atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum

31 May

Keren... Keren....dan keren..... Lengkap sekali, Pak

30 May
Balas

Terima kasih Ibu A'in Antikasari atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum.

31 May

Kerennn, lengkap banget pak laporannya mantapp

30 May
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Hermina atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum

30 May

Ini yang saya suka dari Bapak. Reportasenya lengkap mengkilap. Sayang saya tidak bisa ikut. Saya ada kegiatan di luar rumah. Tetapi membaca tulisan Bapak seperti berada di dalamnya. Sukses dan sehat selalu. Salam literasi

31 May
Balas

Aamiin. Terima kasih Bapak Suhargo atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum.

31 May

Amazimh, keren bangek bapak. Semua kisah tercakup dengan Apik.

31 May
Balas

Terima kasih bu Suryani Isnoel atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum

31 May

Mantap

30 May
Balas

Terima kasih Bu Sasra atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum

30 May



search

New Post