SUPRAPTO, S.Pd., M.Pd.

Penulis Buku: Belajar SET-SET WET dari NEGERI TIRAI BAMBU, adalah Seorang GURU BIOLOGI di SMAN 1 KEDUNGPRING, KAB. LAMONGAN, PROVINSI JAWA TIMUR 62272...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tetap Merasa Lapar dan Bodoh, Tetapi Semangat (Part 1)TMG (H.132)
Sumber: https://www.google.com/search?q=etos+kerja+dalam+islam&safe=strict&sxsrf=ALeKk03BihQK52TS6_QJdYkLO0KUcrceOA:1590374798937&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwiz18zn_83pAhW49nMBHW54CQQQ_AUoAXoECA4QAw&biw=1366&bih=657#imgrc=KPPBfYEpHNJ1dM&imgdii=2kX05QqelC-xEM

Tetap Merasa Lapar dan Bodoh, Tetapi Semangat (Part 1)TMG (H.132)

Tetap Merasa Lapar dan Bodoh, Tetapi Semangat (Part 1)

#TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.132)

Oleh: Suprapto, M.Pd.

Guru Biologi SMAN 1 kedungpring, Kab. Lamongan

Senin, 25 Mei 2020

Semangat pagi Ibu/Bapak di hari kemenangan, Hari Raya ‘Idul Fitri 2 Syawal 1441 H / Senin, 25 Mei 2020. Alhamdulillaahi Robbil ‘Aalamiin. Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Laailaaha Illallah, Wallaahu Akbar. Allahu Akbar Walillaahil Hamdu. Hari ini kaum muslimin Indonesia dan didunia sedang merayakan Hari Raya ‘Idul Fitri 2 Syawal 1441 H. Hari raya yang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, karena adanya wabah COVID-19. Kesempatan hari ini, saya mengambil Tema: Tetap Merasa Lapar dan Bodoh, Tetapi Semangat (Part 1).

Orang merasa lapar adalah orang yang paling mampu mensyukuri arti sesuap nasi, orang merasa lapar tahan banting. Orang merasa lapar akan berusaha dengan segenap kemampuannya meraih hidup lebih baik.

Orang merasa bodoh tidak punya prasangka. Orang bodoh terbuka terhadap hal-hal baru. Orang yang senantiasa merasa dirinya bodoh tidak akan pernah berhenti untuk belajar. Berbaik sangka (Khusnudhon) untuk selalu semangat belajar, belajar, dan belajar. SEMANGAT, tersusun dari 8 huruf, yang saya uraian sebagai berikut:

S = Sabar dan Sholat, E = Etos Kerja, M = Motivasi, A = Amanah, N = Niat, G = Giat, A = Aktif, T = Takwa

Setiap huruf yang menyusun kata, diuraikan kembali agar memberikan energi positif dalam hidup kita. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menguraikan huruf-huruf yang menyusun kata SEMANGAT khususnya S, E, dan M.

S = Sabar dan Sholat

Kita harus tetap sabar dan sholat di sela-sela merayakan hari Raya ‘Idul Fitri 1441 H di era pandemic COVID-19. Allah SWT berfirman: “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (QS. Al Baqarah: 45-46). Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar (QS. Al Baqarah: 153).

Beberapa hadits yang menguatkan kita untuk terus berlatih hidup sabar, antara lain:

1) Sabar adalah separo iman dan keyakinan adalah seluruh keimanan. (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi).

2) Tidak ada suatu rezeki yang Allah berikan kepada seorang hamba yang lebih luas baginya daripada sabar. (HR. Al Hakim).

3) Sabar yang sebenarnya ialah sabar pada saat bermula (pertama kali) tertimpa musibah. (HR. Bukhari).

4) Ada tiga hal yang termasuk pusaka kebajikan, yaitu merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah dan merahasiakan sodaqoh (yang kita keluarkan). (HR. Ath-Thabrani).

5) Orang yang bahagia ialah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan dia bersabar. (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Bagaimanapun kondisi kita, kita harus tetap bersyukur dengan mengucapkan Alhamdulillaahi Robbil ‘Aalamiin. Era pandemic COVID-19 ini, mungkin ada yang harus terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), kondisi perekonomian mungkin mungkin menurun, dan ujian lainnya yang menyebabkan kondisi tidak normal. Allah SWT berfirman: “… Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya…” (QS. Ibrahim: 34), Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. An Nahl: 18)

E = Etos Kerja. Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas

Prinsip 3 As dalam bekerja:

1) Kerja Keras: wadah bagi kerja cerdas dan ikhlas: disiplin, stamina diri, berdaya guna, dan ketersediaan diri

2) Kerja Cerdas: melipatgandakan hasil lebih maksimal: mengefektifkan sistem, memperbesar skala, mengkapitalisasi aset, dan membina bawahan.

3) Kerja Ikhlas: menembus berbagai keterbatasan: kejernihan pKitangan, kapasitas besar, keberuntungan besar, dan banyak memberikan manfaat.

M = Motivasi

Motivasi = Valensi x To be x To have

Valensi: Takaran atau bobot yang mewakili keseluruhan kapasitas diri Kita.

1) Valensi adalah modal kerja Kita yang paling utama

2) Valensi adalah kekuatan dan keterbatasan Kita

3) Valensi adalah kemudi hidup Kita

4) Valensi menentukan kelas persaingan diri Kita

5) Valensi Kita cenderung tetap:

a) To be: Keinginan kita untuk menjadi, yang dikaitkan dengan proses untuk mengejar prestasi dengan memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang kita miliki.

b) To have: Keinginan kita untuk memiliki sesuatu, yang dikaitkan dengan proses meraih benda-benda materi atau hasil akhir dari sebuah usaha, sebagai bentuk dorongan dari kesenangan duniawi.

Perlu Kita renungkan !

1) Jika Kita memiliki To Have namun tidak memiliki valensi dan To be, maka Kita akan menghalalkan segala cara.

2) Jika Kita memiliki To be namun tidak memiliki valensi, maka prestasi Kita tidak memiliki arah pencapaian yang jelas.

3) Jika Kita memiliki valensi, namun Kita tidak memiliki To be, maka kemampuan diri Kita tidak akan pernah terwujud sebagai prestasi.

Semoga kita mampu memupuk valensi, to be, dan to have, sehingga Kita selalu termotivasi. Aamiin.

Implementasi dari Al Qur’an Surat Al Imran: 134, Suprapto dan keluarga (Suprapto, Lilik Ma’rofah, dan Salwa Avisa Yumna Salsabila Suprapto) menyampaikan “Taqobbalallahu Minna Waminkum, Shiyaamana Washiyaamakum. Taqobbal Yaa Kariim. “Minal ‘Aaidiin Walfaiziin, Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Selamat Merayakan Hari Raya ‘Idul Fitri 2 Syawal 1441 H.

Selamat merayakan Hari Raya ‘Idul Fitri Syawal 1441 H. Semoga Allah SWT menerima seluruh amal Ibadah kita, mengampuni dosa-dosa kita, dan memberikan kesempatan kepada kita untuk beribadah Ramadhan di tahun depan (1442 H dan seterusnya). Tetap semangat, mari kita ikhtiar dan doa bersama di awal Syawal ini, semoga pandemi COVID-19 segera tuntas. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Daftar Rujukan

Al Qur’an Digital Versi 2.0. 2004. Website: http://www.alquran-digital.com. E-mail: [email protected].

Hadits Web. Kumpulan dan Referensi Belajar Hadits. 1100 Hadits Terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) - Dr. Muhammad Faiz Almath - Gema Insani Press. http://opi.110mb.com/.

https://www.google.com/search?q=etos+kerja+dalam+islam&safe=strict&sxsrf=ALeKk03BihQK52TS6_QJdYkLO0KUcrceOA:1590374798937&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwiz18zn_83pAhW49nMBHW54CQQQ_AUoAXoECA4QAw&biw=1366&bih=657#imgrc=KPPBfYEpHNJ1dM&imgdii=2kX05QqelC-xEM

Lamongan, 25 Mei 2020 M / 2 Syawal 1441 H

#TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.132)

#MenulisBagianDisiplinWaktu

Blog: Supraptobio.gurusiana.id

Email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih berbaginya dan mengingatkan...Pak

26 May
Balas

Sami-sami Bu Riful. Terima Kasih

26 May

Keren pak. Mohon maaf lahir batin nggih. Smg Allah SWT mempertemukan di bulan Ramadhan tahun depan

25 May
Balas

Aamiin. Terima Kasih SKSSnya Bu Karyani

25 May

Alhamdulillah. Trmksh atas nasihatnya pak. Sgt bermanfaat

25 May
Balas

Aamiin. Terima kasih atas SKSSnya Bu Luluk. Wassalamu'alaikum

25 May

Keren pak...Lebaran makan ketupat...Lebih enak dicampur opor santen...Jika pak Blangkon wonten lepat Mohon pak Prarpto paring pangapunten.

25 May
Balas

Sami-sami Bapak Sriyono. Saya dan keluraga juga mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. Terima Kasih atas SKSSnya.

25 May

Keren pak

25 May
Balas

Aamiin. Terima Kasih P. Donni atas SKSSnya.

25 May

Minal aidzin walfaizin pak

25 May
Balas

Sami-sami bu Sofiawati. Salam Kenal Salam Literasi

25 May

Mantap pak, Mohon maaf lahir dan batin

25 May
Balas

Aamiin. Sami-sami Bu Santhy. Wassalamu'alaikum

25 May

keren pak. terimakasih ilmunya.

26 May
Balas

Sami-sami Bu Tri Kusmi

26 May

Keren pak. Mohon maaf lahir bathin. Salam lietarasi pak.

25 May
Balas

Sama-sama bu Nelfia. Terima kasih atas SKSSnya.

25 May

Mohon maaf lahir bathin pak guru

25 May
Balas

Sami-sami Bu Murdianah. Terima Kasih atas SKSSnya

25 May

Minal aidzin wal faizin mohon maaf lahir dan batin. Sukses selalu ya.

25 May
Balas

Sami-sami mbak Nurrohmah. Terima Kasih atas SKSSnya. Doa yang sama untuk Panjenengan. Aamiin

25 May



search

New Post