SUPRAPTO, S.Pd., M.Pd.

Penulis Buku: Belajar SET-SET WET dari NEGERI TIRAI BAMBU, adalah Seorang GURU BIOLOGI di SMAN 1 KEDUNGPRING, KAB. LAMONGAN, PROVINSI JAWA TIMUR 62272...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tetap Merasa Lapar dan Bodoh, Tetapi Semangat (Part 3) TMG H.134
Sumber: https://www.google.com/search?q=niat&safe=strict&sxsrf=ALeKk00ed3m-35PkKanKCADLCWMdjYpDNA:1590540648336&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwj80-DS6dLpAhVygUsFHXNuDIYQ_AUoAXoECBAQAw&biw=1366&bih=608

Tetap Merasa Lapar dan Bodoh, Tetapi Semangat (Part 3) TMG H.134

Tetap Merasa Lapar dan Bodoh, Tetapi Semangat (Part 3)

#TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.134)

Oleh: Suprapto, M.Pd.

Guru Biologi SMAN 1 kedungpring, Kab. Lamongan

Rabu, 27 Mei 2020

Semangat pagi Ibu/Bapak di hari kemenangan, Hari Raya ‘Idul Fitri 4 Syawal 1441 H / Rabu, 27 Mei 2020. Alhamdulillaahi Robbil ‘Aalamiin. Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad. Hari raya yang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, karena masa pandemi COVID-19. Kesempatan hari ini, saya mengambil Tema: Tetap Merasa Lapar dan Bodoh, Tetapi Semangat (Part 3).

SEMANGAT, tersusun dari 8 huruf, yang saya uraian sebagai berikut: S = Sabar dan Sholat, E = Etos Kerja, M = Motivasi, A = Amanah, N = Niat Ikhlas, G = Giat dan Gerak, A = Aktif, T = Takwa.

Filosofi: Akar, Batang-Daun, dan Bunga-Buah-Biji.

1) Akar: Keyakinan; seperangkat prinsip dan nilai yang sekaligus menjadi misi suci hidup kita. Secara alamiah, akar tidak tampak dari luar karena berada didalam tanah. Akar ini ibarat niatnya. Aktivitas akar (rambut akar, jaringan epidermis, jaringan xilem, dan lain-lain) bekerja sama untuk mengangkut air dan garam mineral sebagai bahan baku fotosintesis.

2) Batang-Daun: Aksi; Aktivitas nyata yang didasarkan pada seperangkat aturan hidup. Bahan baku fotosintesis diangkut dari jaringan xilem pada akar menuju batang kemudian menuju daun sebagai bahan baku fotosintesis. Kerja sama ini adalah untuk kelangsungan hidupnya, bahkan pada tumbuhan tertentu sampai terbentuk bunga, buah, dan biji.

3) Bunga-Buah-Biji: Pekerti; Sikap mental yang melahirkan kecenderungan perilaku sehari-hari. Siapa yang menanam kebaikan, dia yang akan memanennya. Panen ini dimulai dari niat yang baik dan benar.

Setiap huruf yang menyusun kata, saya uraikan kembali agar memberikan energi positif dalam hidup kita. Bagian sebelumnya, saya telah menguraikan huruf-huruf yang menyusun kata SEMANGAT khususnya S, E, M, dan A. Bagian berikutnya, saya akan menguraikan N.

N = Niat Ikhlas.

Menurut KBBI, Niat adalah 1) maksud atau tujuan suatu perbuatan: mudah-mudahan Niat baik Anda terwujud; 2) kehendak (keinginan dalam hati) akan melakukan sesuatu: timbul lagi niatnya untuk menyelesaikan studinya yang terhenti itu; Niatnya hendak berziarah ke Tanah Suci tahun ini, sudah bulat; 3) janji untuk melakukan sesuatu jika cita-cita atau harapan terkabul; kaul; nazar: janji ditepati, niat harus dibayar; memasang niat, berkaul; bernazar; (https://kbbi.web.id/niat).

Allah SWT berfirman: “Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaanNya (QS. Al An’am: 52). Yang dimaksud dengan kehendak adalah niat.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda: “Seluruh amal itu hanyalah tergantung niatnya, dan setiap orang itu hanyalah memperoleh apa-apa yang ia niatkan”. (HR. Al Bukhari dan Muslim). Inti niat terletak pada hati, bukan sekedar ucapan atau perkataan. Rasulullah SAW mendudukkan perkara keutamaan niat setingkat dengan keutamaan hijrah. Beliau bersabda, "Tidak ada hijrah setelah Fath Makkah (pembebasan Kota Makkah), tetapi yang ada ialah jihad dan niat" (HR Muslim). “Sesungguhnya Allah Ta’ala tidak memandang kepada tubuh-tubuhmu dan harta-hartamu, dan sesungguhnya Dia memandang kepada hatimu dan amal perbuatanmu” (HR. Muslim). “Barangsiapa bercita-cita dengan suatu kebaikan sedangkan ia tidak mengamalkannya niscaya ditulis baginya satu kebaikan” (HR. Mutafaqqun alaih)

Ikhlas artinya bersih hati; tulus hati. Contoh: memberi pertolongan dengan ikhlas, mereka benar-benar ikhlas. Mengikhlaskan: memberikan atau menyerahkan dengan tulus hati; merelakan. Contoh: Kami telah mengikhlaskan kepergiannya. Dia mengikhlaskan tanahnya untuk tempat pembangunan rumah sakit. Keikhlasan: ketulusan hati; kejujuran; kerelaan. Contoh: Kita menghargai keiklasannya menyerahkan sumbangan kepada yayasan yatim piatu (https://kbbi.web.id/ikhlas).

Niat dan ikhlas adalah dua kata dasar yang harus diimplementasikan secara bersama-sama, agar apa yang kita niatkan bernilai ibadah di sisi Allah SWT, karena dilaksanakan dengan ikhlas. Perhatikan niat, karena niat itu sangat penting. Betapa banyak amalan kecil yang menjadi besar karena niatnya, dan betapa banyak amalan-amalan besar yang menjadi kecil karena niatnya. Allah SWT berfirman: “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama” (QS. Al Bayyinah: 5).

Niat, kehendak dan maksud adalah kata-kata yang berlaku atas satu arti, yaitu keadaaan dan sifat bagi hati yang dikelilingi dua hal yaitu ilmu dan amal. Ilmu itu mendahului amal, karena ilmu adalah pokoknya dan syaratnya, sedangkan amal itu mengikuti ilmu karena amal adalah buahnya dan cabang-cabangnya.

Pasca Ramadhan, kita memasuki bulan Syawal, yang artinya peningkatan. Marilah dibulan syawal ini, kita berniat meningkatkan kompetensi. Kompetensi apa saja, yang dibutuhkan untuk kehidupan kita. Contoh kompetensi menulis. Menulis dan membaca adalah dua kata kerja yang tak dapat dipisahkan. Harus dilakukan keduanya, agar hasilnya optimal. Era pandemi COVID-19, mari kita gunakan untuk meningkatkan kompetensi. Mari berniat: "Semangat Berkarya di era Pandemi COVID-19".

Implementasi dari Al Qur’an Surat Al Imran: 134, Suprapto dan keluarga (Suprapto, Lilik Ma’rofah, dan Salwa Avisa Yumna Salsabila Suprapto) menyampaikan “Taqobbalallahu Minna Waminkum, Shiyaamana Washiyaamakum. Taqobbal Yaa Kariim. “Minal ‘Aaidiin Walfaiziin, Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Selamat Merayakan Hari Raya ‘Idul Fitri 4 Syawal 1441 H.

Selamat merayakan Hari Raya ‘Idul Fitri Syawal 1441 H. Semoga Allah SWT menerima seluruh amal Ibadah kita, mengampuni dosa-dosa kita, dan memberikan kesempatan kepada kita untuk beribadah Ramadhan di tahun depan (1442 H dan seterusnya). Tetap semangat, mari kita ikhtiar dan doa bersama di awal Syawal ini, semoga pandemi COVID-19 segera tuntas. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Daftar Rujukan

Al Qur’an Digital Versi 2.0. 2004. Website: http://www.alquran-digital.com. E-mail: [email protected].

Al Ghozali, Imam. 2009. Ihya’ ‘Ulumiddin Jilid IX. Terjemahan Moh. Zuhri, dkk. Semarang: Asy-Syifa’.

https://www.google.com/search?q=niat&safe=strict&sxsrf=ALeKk00ed3m-35PkKanKCADLCWMdjYpDNA:1590540648336&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwj80-DS6dLpAhVygUsFHXNuDIYQ_AUoAXoECBAQAw&biw=1366&bih=608

https://kbbi.web.id.

Lamongan, 27 Mei 2020 M / 4 Syawal 1441 H

#TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.134)

#MenulisBagianDisiplinWaktu

Blog: Supraptobio.gurusiana.id

Email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren P Prap... Tulisannya selalu penuh dengan pesan-pesan yang berharga.

27 May
Balas

Terima kasih Bapak Husen. Wah, lagi stand by ya.... Wassalamu'alaikum.

27 May

Terima kasih ilmunya pak. Salam literasi

27 May
Balas

Sami-sami bu Gismawarni. Terima Kasih atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum.

28 May

Mantullll pak Suprapto

27 May
Balas

Alhamdulillah, dapat SKSSnya dari Narasumber Webinar sekaligus senior di UNESA. Wassalamu'alaikum.

27 May

Mantap. Tulisan padat bergizi. Terima kasih ilmunya Pa. Saya sudah follow Bapak juga ya.

27 May
Balas

Aamiin. Terima Kasih atas SKSSnya dan Saling Follownya. Wassalamu'alaikum

28 May



search

New Post