SUPRAPTO, S.Pd., M.Pd.

Penulis Buku: Belajar SET-SET WET dari NEGERI TIRAI BAMBU, adalah Seorang GURU BIOLOGI di SMAN 1 KEDUNGPRING, KAB. LAMONGAN, PROVINSI JAWA TIMUR 62272...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tetap Merasa Lapar dan Bodoh, Tetapi Semangat (Part 4) TMG H.135
Sumber: https://www.google.com/search?q=takwa&safe=strict&sxsrf=ALeKk00NpYFMsn1NiZALAC-P63eCiE5e-Q:1590678659058&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwjh2rLj69bpAhUXXisKHTYPC5QQ_AUoA3oECBAQBQ&biw=1366&bih=657#imgrc=Qw0yvbQRpyFjgM

Tetap Merasa Lapar dan Bodoh, Tetapi Semangat (Part 4) TMG H.135

Tetap Merasa Lapar dan Bodoh, Tetapi Semangat (Part 4)

#TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.135)

Oleh: Suprapto, M.Pd.

Guru Biologi SMAN 1 kedungpring, Kab. Lamongan

Kamis, 28 Mei 2020

Semangat pagi Ibu/Bapak di hari kamis, 5 Syawal 1441 H. Alhamdulillaahi Robbil ‘Aalamiin. Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidina Muhammad. Hari raya yang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, karena masa pandemi COVID-19. Kesempatan hari ini, saya mengambil Tema: Tetap Merasa Lapar dan Bodoh, Tetapi Semangat (Part 4).

SEMANGAT, tersusun dari 8 huruf, yang saya uraian sebagai berikut: S = Sabar dan Sholat, E = Etos Kerja, M = Motivasi, A = Amanah, N = Niat Ikhlas, G = Giat dan Gerak, A = Aktif beramal, T = Takwa.

Setiap huruf yang menyusun kata, saya uraikan kembali agar memberikan energi positif (Epos) dalam hidup kita. Bagian sebelumnya, saya telah menguraikan huruf-huruf yang menyusun kata SEMANGAT khususnya S, E, M, A, dan N. Bagian berikutnya, saya akan menguraikan G, A, dan T.

G = Giat dan Gerak

Giat adalah 1) rajin, bergairah, dan bersemangat (tentang perbuatan, usaha, dan sebagainya); aktif: Ia belajar dengan giat; 2) Tangkas dan kuat: Mereka sangat giat bekerja (https://kbbi.web.id/giat).

Gerak adalah 1) peralihan tempat atau kedudukan, baik hanya sekali mapun berkali-kali: tiap-tiap gerak tentu ada sebab; 2) dorongan (batin, perasaan, dan sebagainya): jangan selalu kauperturutkan gerak hatimu; 3) denyut-denyut atau kedut-kedut (pada mata, bibir, dan sebagainya) yang dianggap sebagai firasat atau gelagat: ia risau akan gerak pada matanya (https://kbbi.web.id/gerak).

Jadilah guru penggerak. Guru yang giat bergerak dan menggerakkan. Mulailah bergerak dari sekarang, jika kita tidak bergerak, maka orang lain yang akan menggerakkan kita.

A = Aktif Beramal

Aktif adalah 1) giat (bekerja, berusaha): ia aktif dibidang olahraga; 2) lebih banyak penerimaan daripada pengeluaran: nerasa pembayaran aktif; 3) dinamis atau bertenaga (sebagai lawan statis atau lembam); 4) mampu beraksi dan bereaksi: nitrogen aktif; 5) bidang kedokteran: aktif mempunyai kecenderungan menyebar atau berkembang biak (tentang penyakit, sel, dan sebagainya(: dia mengidap penyakit tuberculosis aktif (https://kbbi.web.id/aktif).

Amal adalah 1) perbuatan (baik atau buruk): ia dihormati orang karena amalnya yang baik, bukan karena kedudukan atau kekayaannya; 2) perbuatan baik yang mendatangkan pahala (menurut ajaran agama islam): berbuat amal kepada fakir miskin: shalat adalah amal ibadah manusia kepada Allah; 3) yang dilakukan dengan tujuan untuk berbuat kebaikan terhadap masyarakat atau sesama manusia (memberi derma, mengumpulkan dana untuk membantu korban bencana alam, penyandang cacat, orang jompo, anak yatim piatu, dan sebagainya): membuka dompet amal, mengumpulkan sumbangan melalui surat kabar untuk menyumbang korban banjir dan sebagainya: penjualan prangko amal, penyelenggaraan pertunjukan amal.

Amal ibadah: perbuatan yang merupakan pengabdian kepada Allah, seperti shalat dan zakat; Amal jariyah: perbuatan baik untuk kepentingan masyarakat (umum) yang dilakukan terus menerus dan tanpa pamrih; perbuatan sosial; Amal saleh: perbuatan bersungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah atau menunaikan kewajiban agama seperti perbutan baik kepada sesama manusia.

Beramal adalah 1) berbuat kebajikan; memberi sumbangan atau bantuan kepada orang miskin, organisasi sosial, dan sebagainya; 2) melakukan sesuatu yang baik, seperti memberi nasihat, bekerja untuk kepentingan masyarakat, mengajarkan ilmu, mengaji; 3) berdoa, memohon kepada Tuhan: Tebal imannya dan rajin beramal; 4) berbuat amal (https://kbbi.web.id/amal).

T = Takwa

Takwa adalah 1) terpeliharanya diri untuk tetap taat melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya; 2) keinsyafan diri yang diikuti dengan kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya; 3) kesalehan hidup. Bertakwa: menjalankan takwa (https://kbbi.web.id/takwa).

Beberapa indikator orang-orang yang bertakwa, diantaranya:

1) Mereka yang beriman kepada yang ghaib, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki (QS. Al Baqarah: 3).

2) Mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat (QS. Al Baqarah: 4)

3) Menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang (QS. Al Imran: 134).

4) Menunaikan ibadah puasa (QS. Al Baqarah: 183)

5) Bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya (QS. Al A’raf: 201)

Keutamaan Takwa

1) Barangsiapa mengucapkan "Laa ilaaha illallah" dengan ikhlas, masuk surga. Para sahabat bertanya, "Apa keikhlasannya, ya Rasulullah?" Nabi Saw menjawab, "Memagarinya (melindunginya) dari segala apa yang diharamkan Allah." (HR. Ath-Thabrani).

2) Tiap orang yang bertakwa termasuk keluarga Muhammad (umat Muhammad). (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi).

3) Kemuliaan dunia adalah kekayaan dan kemuliaan akhirat adalah ketakwaan. Kamu, baik laki-laki maupun perempuan, kemuliaanmu adalah kekayaanmu, keutamaanmu adalah ketakwaanmu, kedudukanmu adalah akhlakmu dan (kebanggaan) keturunanmu adalah amal perbuatanmu. (HR. Ad-Dailami).

4) Rasulullah Saw ditanya tentang sebab-sebab paling banyak yang memasukkan manusia ke surga. Beliau menjawab, "Ketakwaan kepada Allah dan akhlak yang baik." Beliau ditanya lagi, "Apa penyebab banyaknya manusia masuk neraka?" Rasulullah SAW menjawab, "Mulut dan kemaluan." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

5) Bertakwalah kepada Allah dimanapun kamu berada dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya menghapusnya. Bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang luhur. (HR. Tirmidzi).

6) Tiadalah kamu beriman sehingga perilaku hawa nafsumu sesuai dengan tuntunan ajaran yang aku bawa. (HR. Ath-Thabrani).

7) Bertakwalah kepada Allah karena itu adalah kumpulan segala kebaikan, dan berjihadlah di jalan Allah karena itu adalah kerahiban kaum muslimin, dan berzikirlah kepada Allah serta membaca kitabNya karena itu adalah cahaya bagimu di dunia dan ketinggian sebutan bagimu di langit. Kuncilah lidah kecuali untuk segala hal yang baik. Dengan demikian kamu dapat mengalahkan setan. (HR. Ath-Thabrani).

8) Cukup berdosa orang yang jika diingatkan agar bertakwa kepada Allah, dia marah. (HR. Ath-Thabrani).

Mari berjuang bersama-sama mencapai derajat "takwa" melalui energi positif: SEMANGAT.

Implementasi dari Al Qur’an Surat Al Imran: 134, Suprapto dan keluarga (Suprapto, Lilik Ma’rofah, dan Salwa Avisa Yumna Salsabila Suprapto) menyampaikan “Taqobbalallahu Minna Waminkum, Shiyaamana Washiyaamakum. Taqobbal Yaa Kariim. “Minal ‘Aaidiin Walfaiziin, Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Selamat Merayakan Hari Raya ‘Idul Fitri 5 Syawal 1441 H.

Selamat merayakan Hari Raya ‘Idul Fitri Syawal 1441 H. Semoga Allah SWT menerima seluruh amal Ibadah kita, mengampuni dosa-dosa kita, dan memberikan kesempatan kepada kita untuk beribadah Ramadhan di tahun depan (1442 H dan seterusnya). Tetap semangat, mari kita ikhtiar dan doa bersama di awal Syawal ini, semoga pandemi COVID-19 segera tuntas. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Daftar Rujukan

Al Qur’an Digital Versi 2.0. 2004. Website: http://www.alquran-digital.com. E-mail: [email protected].

Efendi, Sofyan. 2007. Hadits Web. Kumpulan dan Referensi Belajar hadits. 1100 Hadits Terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) - Dr. Muhammad Faiz Almath - Gema Insani Press. http://opi.110mb.com/.

https://www.google.com/search?q=takwa&safe=strict&sxsrf=ALeKk00NpYFMsn1NiZALAC-P63eCiE5e-Q:1590678659058&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwjh2rLj69bpAhUXXisKHTYPC5QQ_AUoA3oECBAQBQ&biw=1366&bih=657#imgrc=Qw0yvbQRpyFjgM

https://kbbi.web.id.

Lamongan, 28 Mei 2020 M / 5 Syawal 1441 H

#TantanganMenulis365HdiGurusiana (H.135)

#MenulisBagianDisiplinWaktu

Blog: Supraptobio.gurusiana.id

Email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Super keren, Pak. Jelas dan Informatif dibarengi dengan referensi yang kuat. Salam Literasi

28 May
Balas

Terima kasih bu A'in atas SKSSnya. Salam kenal, Wassalamu'alaikum.

28 May

Trima kasih pencerahannya pak Suprapto... Trims sudah mengingatkan pak

29 May
Balas

Mantap Pak

28 May
Balas

Aamiin. Terima kasih bu Rita atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum.

28 May

Mantap tausiyahnya. Bapak..terima kasih sudah diingatkan.. Barokallahfiik

29 May
Balas

Aamiin. Terima Kasih Bapak Rosihan atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum.

29 May

Keren pak

28 May
Balas

Aamiin. Terima kasih bapak Donni atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum

29 May

Barakallah. Semoga kita tergolong menjadi hamba yang bertaqwa. Amin ya Rabb.

29 May
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Nopi atas SKSSnya. Wassalamu'alaikum

29 May



search

New Post